Sejarah KAINSTIPER

Didalam perjuangan bangsa Indonesia telah terjadi nasionalisme perkebunan-perkebunan, yang menuntut suatu kebutuhan yang mendesak untuk mengisi kekosongan akan tenaga pimpinan dan staf perkebunan. Diilhami dan dijiwai semangat Perjuangan Bangsa yang tidak kenal menyerah dan keinginan untuk mampu dengan tenaga bangsa sendiri membangun sub sektor perkebunan, pada tanggal 10 Desember 1958 telah didirikan sebuah pendidikan perkebunan yang saat sekarang bernama “Institut Pertanian Stiper”.

Pada saat permulaannya perguruan tinggi ini bernama Perguruan Tinggi Staf Perkebunan (PTSP), berubah menjadi pendidikan Tinggi Perkebunan, berubah lagi menjadi Sekolah Tinggi Perkebunan (STIPER), kemudian berubah lagi menjadi Sekolah Tinggi Pertanian (STIPER). Dan sesuai perkembangannya sekarang telah ditingkatkan kelembagaannya menjadi Institut Pertanian Stiper (INSTIPER).

Atas dasar itu Institut Pertanian Stiper beserta alumninya merasa terpanggil untuk memenuhi cita-cita perjuangan Bangsa Indonesia. Bahwa kami alumni Institut Pertanian Stiper dalam keinginannya untuk mewujudkan pengabdian kepada bangsa Indonesia, yang bersumber pada cita-cita almamater dengan ini atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa bersepakat untuk membentuk suatu organisasi yang disebut “Keluarga Alumni Institut Pertanian Stiper” (KAINSTIPER) yang berazaskan Pancasila dan berdasarkan kekeluargaan. KAINSTIPER dibentuk oleh Reuni I Alumni Institut Pertanian Stiper Yogyakarta pada tanggal 9 Desember 1968 untuk jangka waktu yang tidak ditentukan.

Advertising

Artikel

  • Tambak Udang

    Peluang Kembangkan Budidaya Tambak Udang Sangat Besar

    Peluang membuka tambak di seputaran Pantai Depok dan Parangtritis terbuka lebar. Hal ini tidak lain karena negara-negara penghasil udang utama dunia seperti India, Thailand, China, Vietnam, dan Meksiko mengalami penurunan. Produksi udang di berbagai dunia sedang ambleg, sehingga kesempatan untuk mengembangkan tambak udang sangat besar. Gumuk pasir kemudian dikembangkan menjadi tambak udang. Melihat peluang tersebut,…

  • Lomba copy

    PENGUMUMAN PEMENANG LOMBA FOTO LMMI 2014

    Berdasarkan berita acara penjurian Lomba Foto LMMI 2014 yang dilakukan pada Hari Jum’at Tanggal 06 Februari 2015, maka segenap dewan juri : 1. Soedjai Kartasasmita ( Ketua Dewan Pembina Gabungan Perusahaan Perkebunan Indonesia “GPPI” ) 2. Risman Marah ( Institut Seni Indonesia “ISI” ) 3. Dr. Ir. Purwadi, MS ( Rektor INSTIPER Yogyakarta ) 4….

  • ACDC

    Undangan Terbuka (Rakernas I KAINSTIPER)

    No : 72/KAINSTIPER/U/XI/14 Yogyakarta, 30 November 2014 Lampiran : 1 Hal : Rakernas Kepada Yth, Seluruh Alumni INSTIPER Yogyakarta di T E M PA T Dengan Hormat Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Rapat Kerja Nasional Keluarga Alumni Instiper (KAINSTIPER) Yogyakarta tahun 2014, dalam rangka Konsolidasi Alumni. Maka dengan ini kami mengundang Bapak Pengurus Daerah dan Pengurus…