DSC_1146
Artikel

PARADIGMA BARU PENGURUS KAINSTIPER PERIODE 20 13 – 2018

0

MERDEKA!!!

Kiprah alumni INSTIPER dalam berperan serta membangun negeri ini terutama di sektor pertanian telah berjalan lebih dari lima dasa warsa.Semangat nasionalisme sejak didirikannya kampus ini dalam menjawab tantangan kelangkaan tenaga ahli perkebunan di Indonesia pada saat nasionalisasi perkebunan asing di Indonesia di Era Soekarno tetap dijaga oleh alumni kampus ini sebagai bukti kecintaan pada negerinya.

Peran alumni dalam menjaga pasang surutnya kampus INSTIPER juga sangat besar, terutama pada saat krisis minat generasi muda di bidang pertanian merosot tajam dan kampus ini mendekati kebangkrutan, alumni tampil sebagai bagian dari team penyelamat.

Banyak kisah sukses berbagai peran yang dimainkan oleh alumni secara individu diberbagai sektor/bidang dan dukungan terhadap eksistensi kampus INSTIPER ternyata tidak tercermin pada eksistensi organisasi KAINSTIPER sendiri.

Belasan ribu alumni yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia belum dapat di konsolidasikan secara baik dalam organisasi KAINSTIPER. Pergantian pengurusan KAINSTIPER telah dilakukan silih berganti, tetapi belum mampu menggulirkan program yang dapat melibatkan partisipasi mayoritas alumni.

Kini Pengurus Pusat KAINSTIPER baru periode 2013 – 2018 melakoni masa tugasnya sekitar 9 bulan dan belum ada tanda-tanda bergulirnya organisasi ini seperti yang diharapkan.
Terobosan yang dilakukan dengan membangun Paradigma Baru bahwa Pengurus Pusat KAINSTIPER bersifat Kolektif Kolegial, artinya aktivitas organisasi bersifat kolektif dan seluruh pengurus pusat dapat melakukan substitusi pengurus lainnya dalam menjalankan peran agar tidak tersandra oleh peran individu tertentu. Aktivitas KAINSTIPER tidak boleh lagi tergantung pada Ketua Umum, tetapi semua dituntun oleh kesepakatan program, aturan main, dan komitmen bersama.

Konsolidasi organisasi diharapkan dapat dilakukan dalam kurun waktu lima tahun (2013 – 2018). Pada periode ini diharapkan dapat dibentuk organisasi PENGDA dan PENGCAB paling tidak di sebagian di sebagian besar Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali. Pada tahapan ini akan mulai terpetakan jaringan alumni yang tersebar dan diharapkan dapat menjadi modal terbangunnya interaksi sosial alumni.

Mengelola organisasi KAINSTIPER bukanlah perkara mudah karena mayoritas alumni merasa tidak memiliki hubungan emosional yang mendalam dengan almamaternya. Faktor strata kesuksesan dalam menjalani profesi dan penopang kemandirian ekonomi keluarga alumni disinyalir juga menjadi faktor penghambat kegairahan alumni untuk kembali ke kampus.

Pada situasi seperti ini dibutuhkan kerelaan teman-teman yang punya waktu, akses, kemapanan ekonomi/sosial/profesi untuk menjadi motor penggerak organisiasi KAINSTIPER sehingga organisasi ini bergulir secara baik, mampu memberikan manfaat kepada alumni dan masyarakat.

PP KAINSTIPER akan selalu terbuka untuk memberikan ruang dan panggung kepada siapapun terutama alumni untuk memainkan peran apapun terutama sebagai motor penggerak, dinamisator, motivator, dan peran lainnya demi kemajuan organisasi.

Mari kita jadikan KAINSTIPER sebagai arena untuk pengembangan diri, jaringan usaha, pengembangan ilmu pengetahuan, dan peningkatan peran kita dalam pembangunan bidang pertanian.

Yogyakarta, September 2014
Ketua Umum
PP KAINSTIPER Yogyakarta

Priyanto P.S.

Related Posts

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertising

  • Tambak Udang

    Peluang Kembangkan Budidaya Tambak Udang Sangat Besar

    Peluang membuka tambak di seputaran Pantai Depok dan Parangtritis terbuka lebar. Hal ini tidak lain karena negara-negara penghasil udang utama dunia seperti India, Thailand, China, Vietnam, dan Meksiko mengalami penurunan. Produksi udang di berbagai dunia sedang ambleg, sehingga kesempatan untuk mengembangkan tambak udang sangat besar. Gumuk pasir kemudian dikembangkan menjadi tambak udang. Melihat peluang tersebut,…

  • Lomba copy

    PENGUMUMAN PEMENANG LOMBA FOTO LMMI 2014

    Berdasarkan berita acara penjurian Lomba Foto LMMI 2014 yang dilakukan pada Hari Jum’at Tanggal 06 Februari 2015, maka segenap dewan juri : 1. Soedjai Kartasasmita ( Ketua Dewan Pembina Gabungan Perusahaan Perkebunan Indonesia “GPPI” ) 2. Risman Marah ( Institut Seni Indonesia “ISI” ) 3. Dr. Ir. Purwadi, MS ( Rektor INSTIPER Yogyakarta ) 4….

  • ACDC

    Undangan Terbuka (Rakernas I KAINSTIPER)

    No : 72/KAINSTIPER/U/XI/14 Yogyakarta, 30 November 2014 Lampiran : 1 Hal : Rakernas Kepada Yth, Seluruh Alumni INSTIPER Yogyakarta di T E M PA T Dengan Hormat Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Rapat Kerja Nasional Keluarga Alumni Instiper (KAINSTIPER) Yogyakarta tahun 2014, dalam rangka Konsolidasi Alumni. Maka dengan ini kami mengundang Bapak Pengurus Daerah dan Pengurus…