Artikel

Kopi Arabika (Rakyat) Java Ijen-Raung Jawa Timur

0

Produk Indikasi Geografis (IG)
“Kopi Arabika Java Ijen – Raung” merupakan NAMA produk IG yang dihasilkan oleh petani di dataran tinggi (900 – 1.500 m dpl) Gunung Ijen dan Gunung Raung Jawa Timur. Sertifikat IG Nomor ID G 000000023 tanggal 10 September 2013 yang diterbitkan Kementrian Hukum dan HAM menyebutkan tergolong kategori SPECIALTI dengan acuan standar Specialty Coffee Association Of America.
Bentuk produknya berupa HS kering, biji, kopi sangrai, dan kopi bubuk. Kapasitas produksi setara Kopi Biji masih 500 – 700 ton/th dan kopi bubuk yang dipasarkan masih 2 ton/bulan.

Citarasa Khas
Hasil uji citarasa (oleh Puslit Koka) menunjukkan karakter unik yang MANIS (sweetnes) dan PEDAS (spicy) yang sangat kuat dengan Skor Cup Test 81 – 85. Karakter lainnya yang dimiliki adalah rasa asam : bersih, rasa pahit : kurang/tidak terdeteksi, intensitas aroma : kuat, kekentalan : sedang, dan rasa sepat : tidak sepat.
Uraian karakter citarasa tersebut tercantum dalam Buku Persyaratan dan menjadi syarat mutlak untuk dipasarkan dengan logo IG.
Produknya telah diekspor sejak tahun 2011, sedangkan kopi bubuk masih dipasarkan didalam negeri.

Hasil Terobosan Terpadu
Capaian kinerja petani tersebut merupakan hasil terobosan yang melibatkan kebijakan pemerintah, kepedulian Bank Indonesia Jember, kepedulian Perum Perhutani, penerapan teknologi dari Puslit Koka, dan semangat gerakan petani kopi.
Pola pembinaannya berbasis Klaster dimana kegiatan hulu (kebun) dan hilir (pengolahan hasil) diintegrasikan utuh setempat. Standar kerja adalah : (1) berkebun yang baik dan pro lingkungan, (2) petik merah, (3) olah basah, berfermentasi, jemur matahari, kadar air maks 12 %, (40 sangrai tingkat medium, dan (5) berlogo IG.
Jumlah fasilitas pengolahan hasil (dari berbagai sumber) dalam kawasan IG 37 UPH (olah basah), dan 25 UPH (penyangrai/pembubuk).

Kiriman dari Ir. SURYADI
Ketua Perhimpunan Masyarakat
Indikasi Geografis Kopi Arabika
Java Ijen-Raung

Related Posts

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertising

  • Tambak Udang

    Peluang Kembangkan Budidaya Tambak Udang Sangat Besar

    Peluang membuka tambak di seputaran Pantai Depok dan Parangtritis terbuka lebar. Hal ini tidak lain karena negara-negara penghasil udang utama dunia seperti India, Thailand, China, Vietnam, dan Meksiko mengalami penurunan. Produksi udang di berbagai dunia sedang ambleg, sehingga kesempatan untuk mengembangkan tambak udang sangat besar. Gumuk pasir kemudian dikembangkan menjadi tambak udang. Melihat peluang tersebut,…

  • Lomba copy

    PENGUMUMAN PEMENANG LOMBA FOTO LMMI 2014

    Berdasarkan berita acara penjurian Lomba Foto LMMI 2014 yang dilakukan pada Hari Jum’at Tanggal 06 Februari 2015, maka segenap dewan juri : 1. Soedjai Kartasasmita ( Ketua Dewan Pembina Gabungan Perusahaan Perkebunan Indonesia “GPPI” ) 2. Risman Marah ( Institut Seni Indonesia “ISI” ) 3. Dr. Ir. Purwadi, MS ( Rektor INSTIPER Yogyakarta ) 4….

  • ACDC

    Undangan Terbuka (Rakernas I KAINSTIPER)

    No : 72/KAINSTIPER/U/XI/14 Yogyakarta, 30 November 2014 Lampiran : 1 Hal : Rakernas Kepada Yth, Seluruh Alumni INSTIPER Yogyakarta di T E M PA T Dengan Hormat Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Rapat Kerja Nasional Keluarga Alumni Instiper (KAINSTIPER) Yogyakarta tahun 2014, dalam rangka Konsolidasi Alumni. Maka dengan ini kami mengundang Bapak Pengurus Daerah dan Pengurus…