Benih
Berita

Asing Kuasai Pasar Benih Hortikultura

0

JAKARTA – Peneliti dari Indonesia for Global Justice (IGJ), Rachmi Hertanti, menyebutkan 90 persen pasar benih hortikultura domestik telah dikuasai perusahaan asing. Meski dikuasai oleh asing, persoalan pangan nasional tak kunjung usai.

“Buktinya sampai sekarang pemerintah masih sangat bergantung pada pangan impor,” kata Rachmi. IGJ mencatat nilai impor pangan terus melonjak dari US$ 5,94 miliar pada 2009 menjadi Rp 12,05 miliar pada 2012.
Karena itu, IGJ sepakat dengan Undang-Undang Hortikultura yang membatasi modal asing dalam usaha perbenihan. Sebaliknya, uji materi yang dilakukan oleh Asosiasi Produsen Perbenihan Indonesia (Hortindo) terhadap undang-undang tersebut dinilai tak patut dikabulkan oleh Mahkamah Konstitusi.

Hortindo mengajukan uji materi terhadap UU No. 13 Tahun 2010 tentang Hortikultura ke Mahkamah Konstitusi. Mereka menolak pembatasan dominasi modal asing dalam usaha perbenihan hortikultura di Indonesia.
Secara terpisah, Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Hasanuddin Ibrahim mengakui bahwa saat ini pangsa pasar perusahaan benih asing setara dengan perusahaan dalam negeri. “Proporsinya kira-kira fifty-fifty lah,” tuturnya.

Pengamat pertanian dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia, Khudori, mengatakan modal yang besar memang menjadi permasalahan industri benih di dalam negeri. Untuk itu, sering kali industri terpaksa menggandeng pihak asing. “Di sini semestinya ada peran pemerintah, membantu pengembangan benih lokal,” ujarnya.

Sumber : tempo.com

Related Posts

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertising

  • Tambak Udang

    Peluang Kembangkan Budidaya Tambak Udang Sangat Besar

    Peluang membuka tambak di seputaran Pantai Depok dan Parangtritis terbuka lebar. Hal ini tidak lain karena negara-negara penghasil udang utama dunia seperti India, Thailand, China, Vietnam, dan Meksiko mengalami penurunan. Produksi udang di berbagai dunia sedang ambleg, sehingga kesempatan untuk mengembangkan tambak udang sangat besar. Gumuk pasir kemudian dikembangkan menjadi tambak udang. Melihat peluang tersebut,…

  • Lomba copy

    PENGUMUMAN PEMENANG LOMBA FOTO LMMI 2014

    Berdasarkan berita acara penjurian Lomba Foto LMMI 2014 yang dilakukan pada Hari Jum’at Tanggal 06 Februari 2015, maka segenap dewan juri : 1. Soedjai Kartasasmita ( Ketua Dewan Pembina Gabungan Perusahaan Perkebunan Indonesia “GPPI” ) 2. Risman Marah ( Institut Seni Indonesia “ISI” ) 3. Dr. Ir. Purwadi, MS ( Rektor INSTIPER Yogyakarta ) 4….

  • ACDC

    Undangan Terbuka (Rakernas I KAINSTIPER)

    No : 72/KAINSTIPER/U/XI/14 Yogyakarta, 30 November 2014 Lampiran : 1 Hal : Rakernas Kepada Yth, Seluruh Alumni INSTIPER Yogyakarta di T E M PA T Dengan Hormat Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Rapat Kerja Nasional Keluarga Alumni Instiper (KAINSTIPER) Yogyakarta tahun 2014, dalam rangka Konsolidasi Alumni. Maka dengan ini kami mengundang Bapak Pengurus Daerah dan Pengurus…